Laman

Kamis, 21 Agustus 2008

Mahasiswa Mengubah Bangsa

Bisakan Mahasiswa mengubah bangsa ? maka jika anda sebagai seorang mahasiswa, Anda harus mengatakan dengan lantang dan tegas : “BISA”. Hampir semua peristiwa yang mengubah bangsa Indonesia dilakoni oleh mahasiswa/pemuda. Ingat kembai 1908, Boedi Oetomo, mengubah Indonesia yang bodoh menjadi pandai. 1928, sumpah pemuda, mengubah perjuangan bangsa Indonesia dari perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi perjuangan yang bersatu dan terarah. 1945, proklamasi, apalah jadinya jika kalangan pemuda waktu itu tidak mendesak para Proklamator, Soekarno dan Hatta, untuk segera menyatakan merdeka, pemuda mengubah kemerdekaan Indonesia dari yang awalnya direncanakan oleh penjajah menjadi perebutan kemerdekaan yang membanggakan. 1966, mahasiswa mengubah bangsa dengan menghancurkan orde baru. 1998, Reformasi, mahasiswa mengubah bangsa dengan menghancurkan orde baru.
Lalu inilah saatnya kita, mahasiswa, mengubah bangsa......

Mahasiswa/pemuda dengan tiga perannya yaitu cadangan masa depan, agen peubah dan penjaga moral dapat melakukan banyak hal, tidak hanya duduk di ruang kelas dan mengisi lembaran soal ujian. Mahasiswa dapat mengoptimalkan fungsi perguruan tinggi, pengabdian pada masyarakat, dengan langsung terjun ke masyarakat, bersosialisasi dan bersama-sama masyarakat mengubah bangsa. Belajar dan riset dengan sungguh-sungguh dan menerapkan ilmunya untuk mengubah dunia, tanpa harus menunggu lulus dan meninggalkan nama mahasiswanya.

Dengan kemampuan seperti itu, mahasiswa pasti dapat melakukan lebih dari sekedar mengkritisi kebijakan, akan tetapi memberikan solusi bagi masalah yang dialami oleh bangsa ini. Diawali dengan langsung terjun ke masyarakat ketika masih kuliah, dan mencoba mengubah masyarakat dari bawah, mengedukasi masyarakat agar dapat menjadi lebih baik dan menyadarkan bahwa bangsa ini harus berubah. Setelah lulus dan masuk kewilayah pengambil kebijakan, jaga idealisme agar tetap memperjuangkan rakyat, rubah bangsa dengan kebijakan.

Ingat dunia selalu berputar dan perubahan tidak akan pernah berhenti, jika mahasiswa sudah malas untuk berubah menjadi lebih baik, jangan harap mengubah bangsa. Ubahlah mulai dari diri sendiri, lalu sekitar maka bangsa ini akan berubah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar