Laman

Sabtu, 09 Mei 2009

Pendahuluan [BIOGRAFY of GAMAIS ITB ]

Sebuah organisasi tidak akan pernah lepas dari masalah, baik itu organisasi yang baru tumbuh, sedang berkembang, ataupun yang sudah mapan. Begitu pula dengan sebuah organisasi dakwah, baik di kampus maupun di sekolah, pasti memiliki masalah dan kendala dalam menjalankan amanah dakwah yang menjadi tujuan dari organisasi dakwah tersebut. Lembaga dakwah, khususnya yang berada di lingkungan kampus, Lembaga Dakwah Kampus (LDK), yang tergabung dalam Forum Silaturahim Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK) sering sekali meminta pelatihan, bimbingan atau pun tanya jawab seputar LDK kepada Badan Khusus Pelatihan Manajemen Lembaga Dakwah Kampus (BK PMLDK) yang dalam hal ini diamanahkan kepada Keluarga Mahasiswa Islam (GAMAIS) ITB.

Dari kegiatan tersebut, dapat diketahui banyak sekali LDK yang merasa sulit berkembang, banyak masalah, kebingunan dan hal-hal lain yang memerlukan bimbingan dari BK PMLDK. LDK-LDK tersebut mungkin merasa bahwa GAMAIS ITB layak untuk dicontoh. Sehingga sering kali para pengurus GAMAIS diminta untuk mengisi pelatihan di kampus-kampus di berbagai tempat di Indonesia, dan tidak jarang juga GAMAIS dikunjungi untuk studi banding. Padahal GAMAIS sendiri pun pastinya memiliki banyak kekurangan dan kelemahan.

Tulisan berikut ini menceritakan dengan singkat sepak terjang(diganti dengan kata apa ya ?) gamais selama lebih dari dua dekade. Banyak hal yang terjadi hingga gamais menjadi seperti sekarang ini, pasang surut kegiatan gamais, konflik internal dan eksternal serta tantangan-tantangan lainnya mewarnai perjalan gamais selama ini.

Cerita singkat berikut ditulis berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan secara langsung maupun tidak langsung ( menggunakan e-mail) oleh penulis. Penulis berusaha untuk menyajikannya seobjektif mungkin sehingga diharapkan cerita yang dimuat benar-benar dapat merepresentasikan sejarah gamais yang sebenarnya, walaupun dalam skala yang ringkas dan mungkin masih memiliki banyak kekurangan.

Harapannya setelah membaca tulisan ini, para pembaca, khususnya aktifis dakwah kampus, dapat mengetahui bagaimana Gamais melewati waktu dua dekadenya sehingga para aktifis dakwah kampus, yang menjalankan LDK, dapat menyadari bahwa menjalankan amanah dakwah ini tidaklah mudah, namun tetap yakin bahwa Allah SWT pasti akan mencatat amal para pejuang dakwah. Dan mereka menyadari bahwa masalah yang mungkin sedang mereka hadapi ternyata pernah dihadapi juga oleh Gamais dan mungkin LDK-LDK lain yang lebih dulu ada. Serta diharapkan mereka, para aktifis dakwah kampus, dapat lebih bersemangat dan terinspirasi oleh cerita ini.

Penulis :
Ardhesa Fikriana Suhilman
(Kepala Sektor Eksternal GAMAIS 2009, Kepala Departemen Humas Eksternal GAMAIS 2007-2008; Aeronotika dan Astronotika 2006)
Hana Nur Fitriana
(Koordinator Akhwat Departemen Humas Eksternal GAMAIS 2009, Staf Departemen Humas Eksternal GAMAIS 2007-2008; Mikrobilologi 2006)

1 komentar:

  1. untuk yang lain, buka tulisan dengan label BIOGRAFY of GAMAIS ITB.

    *catatan. tulisan yang pertama berada dibawah

    BalasHapus