Laman

Sabtu, 09 Mei 2009

Sebelum Bercerita [BIOGRAFY of GAMAIS ITB]

Lebih dari dua dekade Keluarga Mahasiswa Islam ITB yang lebih dikenal dengan GAMAIS ITB telah ada dan menjadi wadah kegiatan mahasiswa Islam di Institut Teknologi Bandung, telah banyak hal-hal yang dicapai oleh GAMAIS hingga saat ini baik dari sisi kuantitas maupun kualitas. Berikut ini kondisi GAMAIS ITB yang disampaikan langsung oleh Kepala GAMAIS ke 21 :

GAMAIS kini dan GAMAIS masa depan

Memasuki perjalanan dakwah di awal dekade ke dua, GAMAIS ITB telah banyak mengalami banyak perubahan dan kemajuan di setiap tahunnya. Semboyan in harmonia progessio dapat diimplementasikan dengan baik di unit GAMAIS ini. GAMAIS hari ini adalah unit terbesar dan tersebar di kampus ITB. Dengan jumlah kader lebih dari 500 mahasiswa di setiap angkatannya, membuat GAMAIS mampu melebarkan sayap dakwahnya hingga ke tingkat program studi bahkan kelas. Kini kita mengenal adanya lembaga dakwah fakultas yang memungkinkan GAMAIS menyentuh mahasiswa TPB yang belum memilih program studi, dan adanya pula lembaga dakwah program studi ( dulu pengajian jurusan ) juga memberi kesempatan kepada GAMAIS untuk menyentuh masa kampus dari dekat dan dengan metode yang tepat sasaran pula, dengan adanya lembaga dakwah program studi ini juga membuka berdirinya ROHIS kelas sebagai ujung tombak syiar GAMAIS di kampus ITB. Selain dari itu, kesemua lembaga dakwah yang ada, tergabung dalam sistem jaringan dakwah yang berada dalam satu panji dan satu gerak dakwah GAMAIS ITB.

Variasi metoda syiarpun mengalami banyak perubahan, mengusung konsep berbagi dan melayani, dimana GAMAIS mencoba memberikan apa yang dibutuhkan oleh mahasiswa. Pendekatan ini berjalan sangat baik di beberapa tahun terakhir belakangan, karena memang konsep ini yang telah pula diajarkan oleh Nabi Muhammad dimana beliau menjadi seorang Al Amin terlebih dahulu baru menjadi seorang Rasulullah. Konsep ini kami tuangkan dalam berbagai agenda, seperti Paket Penyambutan Mahasiswa Baru ( yang terdiri dari Open House Unit, Tasyakuran Akbar, Posko Informasi, CD dan Booklet, Jaket Angkatan, dan lainnya ), Festival Ramadhan, GAMAIS Peduli sebagai bentuk acara sosial, Kajian Islam terpusat sebagai bentuk acara seminar, Annisaa Day yang menjadi acara yang dinanti para muslimah setiap tahunnya, Diklat Mahasiswa Muslim dan OASIS yang merupakan kaderisasi berbasis syiar ,Tutorial dan Try Out TPB untuk melayani kebutuhan akademik mahasiswa TPB, dan Penjualan Bundel Soal TPB. Dari segi technology application kami banyak mengembangkan sarana teknologi dakwah seperti website, jaringan blogger GAMAIS, GAMAIS on your screen, dan pemanfaatan multimedia sebagai sarana propaganda dakwah di ITB. Dalam sisi kemasyarakatan dan moralitas, selain adanya agenda bakti sosial rutin, kami telah memiliki Pembinaan Adik Asuh untuk siswa SD yang berada di sekitar ITB, pengiriman sukarelawan ke daerah bencana, dan aksi moralitas dan kemasyarakatan lainnya.

Kaderisasi yang bertahap dan berkelanjutan telah dibukukan dengan baik, sehingga GAMAIS saat ini telah memiliki sistem dan pola kaderisasi yang baku, dan membuat GAMAIS dan mencetak kader yang produktif serta dinamis setiap tahunnya. Kaderisasi berbasis karakteristik saat ini dibangun, dengan karakter atau profil kader GAMAIS yang telah ada, yakni Intelektual, Qur’ani, Profesional, Inklusif, Dinamis, dan Sehat ( i-QPIDS ). Profil kader ini menjadi sebuah output yang kami harapkan dapat terbentuk dalam perjalanan kaderisasi GAMAIS.

Ekpansi jaringan yang dimiliki saat ini juga terus berkembang, dari sisi pengembangan dakwah dengan sesama lembaga dakwah kampus se-Indonesia, GAMAIS ITB telah dipercaya sebagai kiblat manajemen lembaga dakwah kampus se-Indonesia, kepercayaan ini juga dibuktikan dengan terbitnya buku dari GAMAIS terkait manajemen lembaga dakwah kampus yang saat ini digunakan oleh lebih dari 500 lembaga dakwah kampus seantero Indonesia, selain itu tim trainer GAMAIS juga dipercaya untuk mengisi pelatihan manajemen dakwah kampus di kampus kampus yang telah memiliki lembaga dakwah kampus. Jaringan ke perusahaan donor, media untuk publikasi kegiatan serta ke tokoh nasional telah banyak kami jajaki. Selain itu kepercayaan dosen telah banyak meningkat seiring semakin banyak dosen yang mendukung penuh GAMAIS ITB.

Berbagai perbaikan dan perbaikan ini berbuah pada meningkatnya daya tawar dan kepercayaan massa kampus terhadap GAMAIS dan Kader GAMAIS. Populasi mahasiswa simpatisan terus meningkat yang dapat diukur dengan banyaknya mahasiswa non-kader GAMAIS yang hadir dalam acara acara yang diadakan oleh GAMAIS. Sebagai sebuah lembaga pun GAMAIS telah memiliki kredibilitas di mata para mahasiswa dan pemimpin lembaga mahasiswa di ITB. Semua ini tentunya merupakan hasil dari perjuangan kita bersama selama 20 tahun.

GAMAIS kini adalah hasil mimpi GAMAIS dua puluh tahun yang lalu, dan GAMAIS kini juga memimpikan bagaimana GAMAIS 20 tahun mendatang, dalam rangka memenuhi semua itu, kami telah membuat pedoman lembaga dakwah kampus GAMAIS ITB yang diharapkan dapat menjadi pedoman dakwah bagi kader dalam perjuangan dakwah menuju mimpi GAMAIS 20 tahun mendatang. Pedoman dakwah ini telah di bukukan dan disebarluaskan kepada kader, bahkan juga telah tersebar di beberapa kampus lain untuk dilakukan penyesuaian sebelum digunakan di kampus mereka.

Berbagai keberhasilan yang telah dicapai kini tentu bukan tanpa tantanga yang menanti. Perubahan kondisi dan situasi baik di kampus ITB maupun Indonesia secara umum juga berdampak pada perubahan GAMAIS. Tantangan yang kini dihadapi antara lain, dari sisi kader, dimana peningkatan jumlah kader yang terlalu cepat membuat kapasitas kader secara internal tidak merata, dan cenderung menurun. Perubahan iklim mahasiswa ITB yang cenderung semakin apatis dan akademis membuat GAMAIS harus berpikir dan bekerja keras untuk merumuskan strategi dakwah yang dilakukan.

Dua poin ini menjadi tantangan saat ini yang sedang diusahan untuk diselesaikan. Pada akhirnya memang dakwah kampus ini akan sangat dinamis, perubahan yang terjadi di lingkungan membuat GAMAIS juga harus bisa mengikutinya, atau bahkan menjadi trendsetter bagi civitas akademika ITB. Dakwah GAMAIS kini, merupakan pijakan awal untuk dakwah kampus ITB kedepannya, oleh karena itu sangat besar harapan bagi kami semua, agar kita semua para kader GAMAIS, baik yang masih beraktivitas maupun yang telah lulus dapat bersatu padu dalam membangun dakwah di kampus kita tercinta ini. Mengingat kembali kenapa kita berdakwah di kampus yang salah satu tujuannya adalah untuk membentuk seorang cendikiawan muslim yang diharapkan di masa yang akan datang dapat sebagai unsur penyedia kompetensi untuk perbaikan negara. Kita berharap perubahan Indonesia dapat bermula dari perbaikan dakwah di ITB.

Akhir kata, GAMAIS ini tentunya memiliki sebuah kenangan tersendiri untuk kita semua, GAMAIS telah banyak pula mempengaruhi pola pikir dan hidup seseorang. GAMAIS sebuah keluarga kedua bagi kita semua di kampus ITB. Sebuah rasa hormat dari saya dan ucapan terima kasih untuk semua alumni GAMAIS yang telah memberikan perhatiannya kepada dakwah GAMAIS, dan besar harapan saya jalinan persaudaran ini terus berjalan. Karena Kita Keluarga.

Kepala GAMAIS 2007-2008
Ridwansyah Yusuf Achmad
Teknik Planologi 2005


Dari banyaknya keberhasilan dan tantangan yang dialami oleh GAMAIS ITB saat ini, tentunya tidak terlepas dari peran serta dan pengorbanan para pendahulu dan juga para pendiri GAMAIS. Lalu bagaimana GAMAIS ITB ini hadir di tengah-tengah kita semua, apa yang menjadi alasan organisasi ini ada dan bagaimana bisa berkembang hingga menjadi seperti sekarang ini, apa saja tantangan dan rintangan yang dihadapai oleh GAMAIS ? Begitu banyak pertanyaan yang muncul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar